Tuesday 17 July 2012

Catatan Kecil: Remaja dan Teknologi


            Sudah dapat dipastikan kehidupan manusia sekarang ini tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi dan informasi. Sebagai produk dari era globalisasi, teknologi memegang peranan yang sangat penting dewasa ini. Hal ini menjadi keniscayaan untuk dihindari. Dengan adanya teknologi dapat dikatakan kehidupan manusia  menjadi lebih mudah. Teknologi mampu memotong sekat-sekat yang dipisahkan antara jarak, ruang dan waktu.
Sebagai contoh, teknologi handphone mampu menembus batasan-batasan tersebut. Sekarang, setiap orang dapat berkomunikasi dengan sesamanya tanpa memperhatikan jarak, ruang dan waktu. Teknologi berperan untuk mempermudah kehidupan manusia. Berbagai pekerjaan yang dahulunya dilakukan dengan cara manual, akan menjadi mudah jika dengan menggunakan teknologi. Belum lagi bagaimana pengaruh produk-produk yang lain, seperti internet dan sebagainya.
Zaman dari waktu ke waktu semakin berkembang menjadi era yang dikenal dengan globalisasi.  Termasuk juga manusia dalam berkehidupan dengan sesamanya akan berkembang sesuai dengan zaman atau masanya. Manusia-manusia (masyarakat) yang sekarang berbeda dengan masyarakat yang dahulu. Dan juga masyarakat di masa yang akan datang tidak akan sama dengan yang sekarang.  Pertanyaannya adalah bagaiaman pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama kalangan generasi muda?
Akan dengan mudah untuk menjawab pertanyaan di atas, jika melihat realitas yang ada sekarang ini. Banyak dijumpai generasi muda yang menjadi” korban” dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Generasi muda sekarang kebanyakan mempunyai gaya hidup yang tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai yang dianutnya, baik itu agama maupun nilai adat ketimuran. Sehingga ada istilah yang disandangkan bagi kalangan generasi muda yang cenderung menjadi korban perkembangan teknologi, mereka disebut dengan istilah ‘alay’. 
Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada dari kalangan remaja yang mampu memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi informasi tersebut. Semisal, dengan membuat blog pribadi sebagai sarana untuk mengajak kepada hal-hal yang positif atau memanfaaatkan teknologi sebagai sarana untuk berdakwah. Terakhir, yang patut untuk dilakukan adalah bagaiman generasi muda tidak hanya menjadi konsumen dari perkembangan teknologi tetapi juga mampu untuk memanfaatkannya menjadi hal-hal yang positif dan berguna untuk sesama dan agama. Semoga bermanfaat!




No comments: